Comments

Cara Menghemat Kuota Internet

Posted by at 05.35.00 Read our previous post

Artikel Online - Saat ini banyaknya komunikasi yang dilakukan menggunakan ponsel membuat kebutuhan paket data atau kuota internet pun semakin besar. Tapi perhatikan, jangan sampai kebutuhan tersebut justru membuat Anda menjadi boros. Pengguna bisa memilih antara paket internet unlimited atau berdasarkan kuota. Keduanya mempunyai batas wajar pemakaian.

    Bedannya hanyalah pada paket unlimited, pengguna bisa mengakses internet meski kecepatannya jadi sangat lambat, sedangkan pada paket kuota, koneksi internet bisa langsung putus. Artinya, apapun paket yang Anda gunakan tetap harus menghemat agar koneksi ke internet tetap lancar  dan tidak menguras isi dompet. Alternatif yang paling utama dalam hal ini, tentu saja mencari tahu atau menghubunkan ponsel ke wifi setiap kali sedang berada ditempat yang menyediakan WIFI gratis.

     Selain WIFI berikut ini beberapa tips agar konsumsi data tidak boros :
1. Awasi penggunaan data
Sebelum menghemat penggunaan data, ada baiknya Anda mengenalai tipe - tipe konsumsi datanya. Apakah lebih sering habis karena media sosial, browsing, bermain game, menonton video online atau justru karena digunakan mengunduh aplikasi. Anda bisa dengan mudah mengenali hal tersebut melalui menu di masing - masing ponsel, baik sistem operasi Android, iOS atau Windows Phone.

2. Matikan update otomatis
Update otomatis membuat pengguna selalu bisa mendapatkan aplikasi terbaru tanpa harus repot, tapi bila tak terkendali fitur ini malah jadi jebakan yang bisa membuat habis kuota data. Sebaiknya Anda mematikan saja fitur ini, dan memilih opsi melakukan pembaruan aplikasi secara manual atau otomatis hanya saat terkoneksi dengan Wifi. Tujuannya agar aplikasi tidak otomatis mengunduh pembaruan menggunakan koneksi seluler

3. Minimalkan download aplikasi
Bila anda termasuk yang suka bermain game perhatikanlah ukuran file yang di unduh. Seringkali game dengan tampilan grafis tiga dimensi memiliki file berukuran besar, kadangkala setelah dipasang pun masih ada data - data pendukung lain yang mesti diunduh oleh game jenis ini. Ketika ditotal, data yang diunduhpun bisa hampir mencapai 1 GB, jumlah sebesar ini tentu saja akan memakan banyak kuota data, apalagi jika sering dilakukan.

4. Menonton video online
Menonton video di YouTube ketika sedang di perjalanan memang menyenangkan, tapi jangan kaget bila ini membuat kuota data cepat habis. Streaming video adalah salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar. Alternatif lain, YouTube punya fitur baru yang bikin penggunanya bisa menonton video offline. Nah, dengan memanfaatkan fitur ini Anda bisa mengunduh video YouTube yang diinginkan saat ada koneksi WIFI, lalu menontonnya dilain waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Artikel Online is powered by Blogger