Comments

Sistem Ekonomi

Posted by at 06.22.00 Read our previous post

Artikel Online - Sistem ekonomi merupakan suatu organisasi yang terdiri atas sejumlah lembaga, seperti lembaga ekonomi, politik, dan sosial yang saling mempengaruhi satu dengan yang lain dalam berbagai masalah pokok ekonomi. Sistem ekonomi disebut juga suatu perangkat dari kebiasaan, hukum-hukum, aturan-aturan yang berhubungan dengan produksi, pertukaran, serta konsumsi barang dan jasa. Adapun sistem ekonomi dapat dikelompokan menjadi :

1. Sistem ekonomi tradisional ( Tradisional  Economy )

        Sistem ekonomi tradisional adalah suatu sistem perekonomian yang didasarkan pada tradisi, adat istiadat, atau kebiasaan masyarakat yang bersangkutan. Masyarakat mempunyai hak dan kewajiban mengatur perekonomian daerahnya.
        Dengan kata lain, masalah yang berkaitan dengan apa, berapa, bagaimana, serta untuk siapa barang dan jasa diproduksi diatasi oleh masyarakat itu sendiri. Sistem ekonomi ini biasanya berlaku di negara-negara yang belum maju

2. Sistem Ekonomi Terpusat ( Government Planned Economy )

        Sistem ekonomi terpusat adalah sebuah sistem yang menjadikan pemerintah sebagai pengendali total pada setiap pelaksanaan kegiatan ekonomi. Pemerintah berhak untuk mengatur kepemilikan bisnis, laba, alokasi sumber daya, jenis produksi, dan pendistribusian produk. Penganut sistem ini biasanya adalah negara yang beridiologi komunis dan sosial.

3. Sistem Ekonomi Pasar ( Market System/Price System/Liberal )

        Pada sistem ekonomi pasar, segala sesuatu ditentukan oleh kondisi pasar, dimana produksi, distribusi, dan konsumsi dapat dilakukan oleh siapa saja melalui mekanisme pasar, yaitu hubungan antara permintaan ( demand ) dan penawaran ( supply ). Kekuatan pasarlah yang menentukan harga sehingga tarik - menarik antara permintaan dan penawaran menjadi demikian dekat.

4. Sistem Ekonomi Campuran ( Mixed Economy System )

        Sistem ekonomi campuran merupakan sistem yang memadukan dua sistem  ekonomi, yakni antara sistem ekonomi terpusat dengan sistem ekonomi pasar. Dalam hal tersebut peran pemerintah sama pentingnya dengan peran swasta. Selain itu pemerintah juga berfungsi sebagai regulator ( pembuat kebijakan ) dibidang fiskal dan moneter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Artikel Online is powered by Blogger